4 Tips Cara Merawat Mesin Motor Pulsar


4 Tips Cara Merawat Mesin Motor Pulsar



Alfonso Parulian 

Pada saat ini masih banyak pengguna motor pulsar di Indonesia tetapi banyak juga yang masih pemula meskipun motor pulsar itu sendiri sudah tidak lagi di produksi di Indonesia. Saat ini penulis akan memberikan 4 tips cara merawat mesin motor pulsar. Apa-apa aja sih tipsnya?
1.       Oli
Para penggunna pulsar (pulsarian) biasanya banyak menggunakan motor ini sendiri untuk touring jarak jauh dan banyak juga para pengguna yang tidak memperhatikan oli mereka sendiri dalam perjalanannya. Oli adalah bagian yang paling dekat dengan motor atau bisa di bilang oli adalah darah di dalam motor. Efek samping dari kita tidak memperhatikan oli tersebut adalah bisa adanya penurunan gas atau kurangnya akselerasi dari motor itu sendiri,

2.       Bensin
Siapa sih yang ga tau bensin? Bukan hanya motor pulsar atau motor yang lain, tapi mobil juga memerlukan bensin. Bensin itu juga dapat disebutkan darah kedua bagi motor. Banyak pengguna kendaraan bermotor atau pulsarian itu sendiri terkadang mereka menganggap remeh hal bensin mereka berfikir jika dengan setengah bensin dapat sampai ke pombensin yang berjarak lumayan jauh dari tempat kumpul pertama.

3.       Karburator
Karburator adalah jantung dari motor itu sendiri, meski motor-motor saat ini banyak yang sudah tidak menggunakan sistem karbu tersebut. Jika ada kesalahan pada karbu tersebut dapat terjadinya pengurangan tarikan motor, susah hidupnya motor, dll. Jadi jangan lupa cek sebelum jalan jauh.

4.       Kampas Kopling
Bagi para pengguna motor pulsar adalah penting bagi kita sebuah kopling tapi bagaimana kalau kita tidak memperhatikan kampas kopling kita?? Ya, nanti pada saat kita memacu kendaraan kita terkadang saat gear di posisi 2 malah akan berpindah ke netral atau terkadang suka tidak ada rasa tarikan sedikitpun.

Jadi itulah 4 tips cara merawat mesin motor pulsar agar tetap terjamin mesinnya, semoga dapat bermanfaat.

Comments